Teknik Memimpin Diskusi


Diskusi kelompok merupakan salah satu bentuk kegiatan belajar mengajar yang penggunaannya sering diperlukan. Diskusi kelompok memungkinkan siswa :

  • Berbagi informasi dan pengalaman dalam memecahkan masalah
  • Meningkatkan pemahaman atas masalah penting
  • Meningkatkan keterlibatan dalam perencanaan dan pengambilan keputusan
  • Mengembangkan kemampuan berfikit dan berkomunikasi serta
  • Membina kerja sama yang sehat, kelompok yang kohesif, dan bertanggung jawab.

Kompenen ketrampilan yang perlu dimiliki oleh pimpinan diskusi adalah sebagai berikut :

A.   Memusatkan perhatian

  • Merumuskan tujuan diskusi secara jelas
  • Merumuskan kembali masalah, jika terjadi penyimpangan
  • Menandai hal-hal yang tidak relevan jika terjadi penyimpangan, serta
  • Merangkum hasil pembicaraan pada saat-saat tertentu.

B.   Memperjelas masalah dengan cara :

  • Menguraikan kembali atau merangkum pendapat peserta,
  • Mengajukan pertanyaan pada anggota kelompok tentang pendapat anggota lain, atau,
  • Menguraikan gagasan anggota kelompok dengan tambahan informasi.

C.   Menganalisis pandangan siswa dengan cara :

  • Meneliti apakah alas an yang dikemukakan mempunyai dasar yang kuat, dan
  • Memperjelas hal-hal yang disepakati dan yang tidak disepakati

D.   Meningkatkan partisipasi siswa dengan cara :

  • Mengajukan pertanyaan kunci yang menantang mereka untuk berfikir,
  • Memberi contoh pada saat yang tepat
  • Menghangatkan suasana dengan mengajukan pertanyaan yang mengundang perbedaan pendapat
  • Memberikan waktu untuk berpikir
  • Mendengarkan dengan penuh perhatian

E.   Menyebarkan kesempatan berpartisipasi dengan cara :

  • Memancing pendapat peserta yang enggan berpartisipasi
  • Memberikan kesempatan pertama kepada peserta yang enggan berpartisipasi
  • Mencegah secara bijaksana peserta yang suka memobopoli pembicaraan,
  • Meminta pendapat siswa jika terjadi jalan buntu, serta
  • Mendorong siswa untuk mengomentari pendapat temannya.

F.    Menutup diskusi dapat dilakukan dengan cara :

  • Merangkum hasil diskusi,
  • Memberikan gambaran tindak lanjut,
  • Mengajak para siswa menilai proses diskusi yang telah berlangsung.

Dalam pelaksanaan diskusi perlu diperhatikan hal-hal berikut :

  1. Diskusi hendaknya berlangsung dalam iklim terbuka,
  2. Diskusi yang efektif selalu didahului oleh perencanaan yang matang, yang mencakup yaitu :
  • Topik yang sesuai
  • Persiapan / pemberian informasi pendahuluan
  • Menyiapkan diri sebagai pimpinan diskusi
  • Pembentukan kelompok diskusi

Pengaturan tempat duduk yang memungkinkan semua anggota kelompok beratatap muka.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s