Teknik Membuka & Menutup Pelajaran


Menurut Sugeng Paranto (1979:22-24), “yang dimaksud dengan siasat membuka pelajaran ialah usaha atau kegiatan yang dilakukan oleh guru dalam setting belajar-mengajar untuk menciptakan prakondisi, sehingga perhatian serta sikap mental murid dapat digiring atau siap serta involve pada soal / kegiatan yang akan dilakukan”.

Tujuan pokok dari teknik membuka pelajaran adalah tidak lain :

  • Untuk menyiapkan mental murid agar involve atau siap memasuki persoalan yang akan dibicarakan dan
  • Untuk menimbulkan minat serta pemusatan perhatian murid terhadap apa yang mau dibicarakan dalam kegiatan belajar mengajar.

Teknik menutup pelajaran (closure) ialah teknik guru untuk mengakhiri kegiatan belajar mengajar yang bertujuan untuk :

  • Merangkum atau membuat garis-garis besar persoalan yang baru saja dibahas / dipelajari sehingga memperoleh gambaran yang jelas tentang makna serta essensi dari pokok persoalan yang baru saja diperbincangkan.
  • Mengkonsolidasikan perhatian murid terhadap hal-hal yang pokok dalam pembicaraan / pelajaran tersebut agar informasi yang telah diterimanya dapat membangkitkan minat serta kemampuannya pada masa-masa mendatang dalam kelanjutan proses belajar mengajar
  • Mengorganisasikan semua kegiatan maupun pembicaraan yang telah dipelajari dalam pertemuan sehingga merupakan suatu kebetulan yang berarti dalam memahami essensi bahan yang baru dipelajari.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s