Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Proses Dan Hasil Belajar


Proses belajar dan hasil belajar dipengaruhi oleh 2 faktor: 1. Faktor yang berasal dari diri individu yang sedang belajar merupakan keadaan yang ditentukan oleh faktor keturunan, lingkungan, dan keduanya. a. Faktor psikis terdiri dari: kognitif, afektif, psikomotorik, campuran, dan kepribadian. Individu yang mempunyai gangguan salah satu faktor psikis, misalnya tingkat kecerdasan terlalu rendah tentu sukar menelaah materi pelajaran walaupun materi pelajaran tersebut sangat sederhana. Individu dengan gangguan psikis lain, misalnya sukar mengingat, daya fantasi lemah, jika ingin peningkatan dalam prestasi belajarnya maka dibutuhkan proses belajar yang disesuaikan dengan kelemahannya. Belajar dipengaruhi oleh peranan: 1) Arousal: suatu peningkatkan kesiap-siagaan dan ketegangan otot. Agar individu dapat belajar secara efisien maka harus dalam keadaan arousal, yang artinya harus bangun, sadar, dan memperhatikan lingkungan secara tajam. 2) Motivasi: kondisi psikis yang mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu. Motivasi diperlukan bagi “reinforcement” yaitu stimulus yang memperkuat dan mempertahankan tingkah laku yang dikehendaki, yang merupakan kondisi mutlak bagi proses belajar. b. Faktor fisik terdiri dari: indera, anggota badan, tubuh, kelenjar, syaraf, dan organ-organ dalam tubuh. 2. Faktor yang berasal dari luar diri individu yang sedang belajar, yaitu: faktor lingkungan alam, faktor sosial-ekonomi, guru, metode mengajar, kurikulum, program, materi pelajaran, sarana dan prasarana.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s